Wednesday, May 9, 2012

Don't Go Down A Path I Can't Follow.


"Gue ga takut mati. Buat apa takut mati? Harusnya seneng dong, kita pulang ke rumah"

Kita semua tau, lo selalu menantang maut. Dan orang seberani lo, pergi bukan menantang maut, tapi ditantang oleh maut.

Back to our good old days.

Berantem rebutan pizza, bangun tidur lo gendong gue terus nyebur sama-sama ke kolam renang, kebut-kebutan kaya alay, joget-joget di atas meja, scream-scream ga jelas, nyanyi bareng, tidur siang bareng lo jadiin gue guling terus gue dorong lo sampe jatoh dari tempat tidur, ke Bandung bareng, lo nyulik gue kemana pun lo mau, ke rumah gue buka kamar gue tiduran ga ngomong apa-apa dan numpang tidur, ke Puncak bareng dan banyak lagi.... I miss that.

Brother and sister, yes we are. Lo yang sangat protektif dan gue yang sangat bodo amat. Lo yang sangat perhatian dan gue yang cuek. Kita yang sembarangan. I miss that, I miss you so much.

"Lo perempuan, dan perempuan itu harus dijaga"
Inget ga kata-kata itu Ri? Pas kita lagi di Puncak, gue bilang mau cari rokok sendiri jalan kaki sore-sore, dan lo lagi mager-magernya abis tidur siang. Pas gue bilang mau cari rokok lo langsung berdiri, make jeans sama jaket terus bilang, "Yuk". Dan gue bilang gausah ditemenin dan itu jawaban lo.

Dan inget ga pas kita berantem? Ada yang cuma gara-gara lo ngajak gue makan bakso gue ga mau lah, gue minta temenin ke PIM lo ga mau lah, gue lagi tidur digangguin lah, lo lagi maen GTA San Andreas gue matiin tvnya, lo lagi mandi gue matiin lampunya, lo ga mau mulangin gue dari rumah lo, lo telfon gue ga gue angkat, lo mau jemput gue pulang sekolah gue gamau lah, banyak banget... Dan akhirnya? Lo yang selalu ngalah sama gue, lo ga pernah mau marah lama-lama sama gue. Even kalo kita diem-dieman, lo kadang sering bikinin gue makanan tp pake alesan Tuni yang biknin lah, gue tidur ga pake bantal lo yang kasih bantal... Lo selalu perhatian sama gue, guenya aja yang cuek sama lo. Maafin gue ya.

Dan momen-momen sedih kita yang ga bakal bisa keulang, terutama pas gue nangis. Dimana waktu itu gue lagi nangis dan lo gue ngurung diri di kamar lo, lo nyuruh gue keluar buat interaksi sama anak-anak dan gw nolak dan akhirnya nangis lagi padahal udah adem.

"Heh, heh, liat gue"
And I looked at you.
"Jangan nangis depan gue"

Mata lo berkaca-kaca, gemeter nahan nangis dan akhirnya nangis juga. Dan kita peluk-pelukan nangis bareng.

"Gue ga mau ade gue yang paling manis, yang paling gue sayang nangis depan gue. Lo orangnya rame dan gue ga mau liat lo nangis sampe segininya"

Ri, keadaan gue sekarang lebih parah dari hari itu. Maaf ya.

Abis itu Daici cerita sama gue.

"Mon, Ari tuh sayang banget sama lo. Tadi dia sempet bilang 'gue bingung gue harus gimana sama dia biar dia ga sedih lagi. Gue takut ga bisa bikin dia ketawa, itu nyiksa nyet' gitu. Tapi gue bilang, lama-lama ntar dia juga lupa"

Ari, maaf ya. Gue mungkin nyiksa lo sekarang, gue ngeberatin lo. Maaf, karena lo emang udah ga bisa bikin gue ketawa lagi. Gantian Ri, lo yang nyiksa gue sekarang. Maafin gue, Ri. Maafin gue.

Dan akhirnya kita kepisah, sama takdir. Lo menghormati banget orang yang misahin kita, tapi itu bikin gue benci sama lo karena gue akhirnya tau lo dan keluarga lo kaya apa.

Sampe akhirnya gue dapet berita kalo lo udah berpulang ke pangkuan-Nya. Dada gue sakit rasanya, hati gue sakit. Gue gatau harus ngomong apa. Sampe akhirnya gue telfon Exor dan gue bener-bener banjir air mata. Umur lo masih 23 Ri, terlalu muda untuk pergi jauh selama-lamanya.

Dan gue liat jenazah lo. Lo ganteng Ri, senyum lagi, kaya tidur biasa. Gue kan sering bilang, lo paling ganteng pas lo tidur, daripada lo melek terus pecicilan. Tapi sekarang yang gue harapin lo buka mata lo Ri, buat gue. Buat gue yang terakhir. Tapi maaf ya, gue ga sampe pemakaman, gue engga kuat Ri. Karena gue ga rela. Maafin gue.

My dear, I miss you so much. I love you so much. Kenangan-kenangan lo sama gue bakal terus hidup, gue ga akan lupa. Lo pernah bilang smaa gue, "We stick together like a chopstick and, til' a hungry fat guy does us apart". You mean death? Karena kematian udah do us apart.

Maaf, gue ga disana disaat lo sakit. Gue ga ada buat ngurus lo, karena lo yang lebih banyak ngurus gue. Maafin gue, Ri. Gue cinta sama lo.

I grew up with you.
You taught me things.
And now you left.
You went away forever.
You went down a path I cant follow.


Live for me, here, in my heart. Thankyou for everything. I love you so much, sleep well.

No comments:

Post a Comment

Says