Sunday, October 20, 2013

Hell Yeah I'm A Ford Mustang.


Last Thursday, me and Billy Israj had this quality talk at office. Tentang tipe-tipe orang, masalah psikologi dan logika. Dan yang menarik, kata-kata mas Billy yang satu ini, "Kenapa terkadang orang nggak sadar kalo orang yang udah nge-handle mereka di saat mereka susah, itu adalah orang yang seharusnya mereka pertahanin."

Yes, I've been questioning that one too. Dari kasat mata orang, memang kayaknya salah banget si A ngelepas si B yang udah nge-handle dia, nemenin dia dari nol sampe dia 'bernilai'. Justru orang kaya B itu harus dipertahanin karena itu udah ngasih contoh kalo si B itu sanggup sayang sama orang dalam kondisi apapun, dari yang terburuk sampe yang terbaik. Si A berarti kelewat bego udah nyia-nyiain orang kaya si B.

Tapi, gue coba ngeliat dari beberapa sisi. Mungkin si A emang lupa diri karena masalah status harga diri yang dia punya. Mungkin si A ngerasa kalo si B itu nggak pantes ngedampingin dia di saat dia 'bernilai'. Mungkin si B punya kesalahan fatal yang bikin si A kecewa makanya dilepaslah si B. Banyak kemungkinan, mulai dari yang terparah sampe yang terbaik. Gimana pun, gue yakin si A punya banyak pertimbangan buat hidup dia. Kalo dia baik dan nggak sembarangan sih, pertimbangan dia baik juga buat si B. Tapi kalo nggak tau diri, ya, buat konsumsi pribadi. Ada pertimbangan apa nggak, urusan nyesel nggaknya, ya, bakal ditanggung sama si A, sekalian ngelatih kedewasaan.

Nah, gimana sama si B? Yang ditinggalin atau lebih kasarnya dibuang begitu aja dari hidup si A? Si B kan udah nge-handle si A mulai dari nol sampe jadi 'bernilai'. Berat banget emang buat si B untuk terima kenyataannya kaya gitu. Iyalah, ditaiin banget si B, apa-apaan. Honestly, I've been there and done that. Jadi, bukannya gue sotoy, tapi gue banyak ngambil pelajaran dari situ. Dan nggak hanya itu, gue juga coba liat dari beberapa sisi, dari beberapa mata, jadi, nggak cuma dari dua pasang mata aja. Jujur, awalnya gue emang sempet marah, kecewa, dan ngelabelin orang ini sebagai orang yang paling nggak tau diri yang pernah gue kenal. Tapi, gue belajar dan gue berusaha memposisikan diri gue sebagai orang itu juga. Siapa tau dia gave up on me emang karena untuk kebaikan dia di masa mendatang. Emang sih, nggak banget kayanya statement itu, kesannya lupa diri banget. But every person in this world has their own reason, right? Dia pasti ada alesan lain yang dia pun nggak bisa utarain dan seharusnya, kalo lo ngerti bagaimana caranya meng-handle orang itu, lo seharusnya udah paham dan nggak perlu nanya lagi, even ada baiknya diobrolin, but sometimes, things are better left unsaid. Gantung sih, tapi kan lo nggak bisa maksa orang untuk menuhin ekspektasi lo, iya nggak?

Dan gimana caranya supaya si B bisa move on? Sedap. Sebenernya nggak perlu ribet. Ini sebenernya cara paling gampang tapi susah dilakuin. Niat. Niat buat ikhlas, niat buat nge-let go, niat buat move on. Niat buat ikhlas dulu deh. Kalo nggak ada niat, ya mana bisa maju ya keleussss. Niat itu emang susah, karena mau orang laen ngomong sampe berbusa kaya mulut dishampooin ngasih tau kita buat move on, kalo nggak ada niat dari dalem diri kitanya, ya, nggak bakalan bisa maju. Yang jelas, jangan denial sama diri sendiri juga. Mau nangis ya nangis, mau marah-marah ya marah-marah, jangan ditahan. Anggep aja dia sedang melakukan yang terbaik buat lo juga. Bukannya sok bijak, tapi berbahagialah. Dia mau membahagiakan hidup dia tanpa lo di dalemnya. Bagus kan, berarti orang itu udah mandiri, bisa bikin bahagia sendiri. Dan lo juga nggak perlu repot musti jadi 'fondasi' kebahagiaannya dia.

Jangan pernah nyalahin orang itu atas apa yang dia lakuin ke lo. Dan jangan pernah nyalahin diri lo sendiri atas keputusan dia. Kalian sama-sama salah. Jangan maksa orang dan jangan maksain diri sendiri untuk ngembaliin semuanya jadi kaya dulu. Udah, kewajiban lo cuma sampe disitu, terima dong. Dia maunya lo sampe situ aja. Mikirin hati sama badan lo juga, kasian kan, mereka udah kesakitan menuhin keinginan lo untuk sedih, marah dan kecewa. Pikirin diri sendiri juga, jangan terlalu banyak memberikan kebahagiaan sama orang lain kalo lo sendiri juga nggak yakin mereka akan memberikan hal yang sama. Kalo ikhlas nggak peduli timbal balik, ya, lakuin aja, asal jangan nyesel.

Inilah apa yang sedang gue lakuin sekarang. Melihat sesuatu tidak hanya dari satu pasang mata, tapi lebih dari tiga pasang mata. Banyak sisi yang harus lo pelajari. That's life, you live to learn, to conquer, to understand. Contoh, kata-kata "Sebelom lo sayang sama orang, sayangin diri lo sendiri dulu". Pasti orang-orang mikir kalo artinya tetep prioritasin diri lo sendiri dulu ketimbang orang lain. Kalo belom bisa sayang sama diri sendiri, berarti lo belom bisa sayang sama orang lain. Menurut gue, itu nggak sepenuhnya bener. Kalo lo memprioritaskan diri lo sendiri, kemungkinan besar lo nggak akan mikirin orang lain karena lo sedang mengegoiskan diri lo sendiri untuk bahagianya lo. Menurut gue, "Belajar sayang sama orang itu kaya belajar sayang sama diri sendiri" udah paling bener. Lo bisa mengimbangi kebutuhan orang lain dengan kebutuhan lo. Lo bisa membagi kebutuhan lo dengan orang lain, lo bisa membagi waktu untuk lo dan orang lain. Diri lo sendiri tetep jadi prioritas utama, tapi jangan pernah ngegampangin orang lain yang jadi prioritas kedua. Emang sih, nature tiap manusia, seseorang akan lebih mendului orang lain dibanding dirinya sendiri. Gampangnya, liat dari sisi effort aja. Menguntungkan apa nggak? Kalo nggak, diimbangin aja, jadi nggak terlalu berat. Kalo lo beneran sayang sama seseorang, pay attention to every single detail dan peduli sama detailnya, sekecil apapun itu. Apa yang dia butuhin, kasih pendapat ke dia akan sesuatu yang dia bicarain, paham akan sifatnya, dan yang paling penting, terima apa adanya dia. Lo milih dia juga pasti ada pertimbangan, kan? Terima dong.

Kalo ada yang nanya sama gue, "Emang lo bisa nerima apa adanya dia?", kenapa nggak bisa? Gue udah milih dia dari awal, seperti apa dia nanti, itu resiko gue. Gue nggak ngegampangin perasaan orang, karena gue udah pernah ngerasain gimana rasanya perasaan gue digampangin orang. Gue sebenernya nggak punya tipe cowo, even gue sering bilang gue pengen punya cowo yang lebih laki daripada gue. Ha ha ha. Biar gue nurut, biar gue bisa keluarin sisi keibuan gue ahsedap. Tapi kalo kepatok tipe terus, ya nggak bakalan nemu, nggak bakalan belajar juga untuk nerima kekurangan orang lain. Menjadikan kekurangan orang yang gue sayang sebagai kelebihannya itu adalah salah satu fungsi gue sebagai pendamping. Dan jangan berekspektasi kalo dia bakal begini dan begitu. Expectation kills, mate. Kalo dia nggak ketemu sama ekspektasi lo, mending nggak usah dijadiin sekalian dari awal. Tapi untuk orang yang bener-bener sayang, mereka akan cari jalan keluar bareng-bareng gimana caranya supaya lo bisa memenuhi ekspektasi mereka dan bantu satu sama lain supaya bisa ketemu sama ekspektasinya. Daripada nunggu inisiatif orang, daripada capek sendiri mending diobrolin langsung, iya nggak? Sama-sama menghargai aja. Pertanyaannya sebenernya, orang itu bisa nggak terima gue apa adanya? Gue keras, gue suka ngomong kasar, kelakuan gue kaya cowo dan kalo orangtua gue nggak melarang gue buat ngelakuin sesuatu, orang itu nggak bisa ngelarang gue. Gue kerja di media, keluar malem dan pulang pagi. Tapi gue suka dimanjain ha ha ha ler. Bisa nggak? Dan cara gue sayang sama orang, beda dari orang kebanyakan.

Temen gue pernah bilang, kalo gue bukan orang yang mudah give up akan sesuatu. Gue akan usaha dan kejar terus sampe dapet. Jadi, kalo gue udah give up akan sesuatu dan berhenti kejar? Bukannya gue males, bukannya gue nggak mau usaha, tapi gue banyak pertimbangan apakah yang gue lakuin bener apa nggak. Kalo gue mengusahakan seseorang tapi orangnya juga nggak ada usaha buat gue, ngapain gue usaha? Gue nggak mau ribet. Mending gue ngusahain kebahagiaan gue dulu, baru deh abis itu gue share sama orang yang gue sayang. Gue yang sekarang susah banget sayang dan percaya sama orang. Pengalaman gue yang menjadikan gue kaya gitu. Jadi, gue nggak mau ribet pake sedih-sedih dan kecewa yang mendalam, it slows me down. Gue nggak main-main sama perasaan, karena bakal ribet. Daripada drop, mending prioritasin yang lain yang lebih penting dan ngejalanin hal-hal diatas. Gue nggak mau bikin diri gue sendiri ribet, cukup 3-4 hari aja, sisanya? Ketawa nggak jelas sama temen-temen.

Mantan pacar gue pernah debat sama gue, dia bilang statement "Men are all about logics and women are all about feelings" itu salah banget. Cowo juga pake perasaan dan cewe juga pake logika. Gue benerin sedikit, itu bener, tapi nggak semua cowo dan cewe kaya gitu. Cowo jauh lebih menggunakan logika dan cewe jauh lebih menggunakan perasaan, ini berdasarkan pengalaman gue. Cowo akan menggunakan perasaan ketika si cewe sudah menggunakan logikanya, and it happens in the end. Dan gue adalah cewe yang berusaha menyeimbangkan logika dan perasaan dalam satu waktu.

Nah, kalo lo, gimana?

No comments:

Post a Comment

Says