Wednesday, October 23, 2013

Mother Knows Best.


Hari Minggu kemaren, gue pergi ngopi sama bunda gue. Di jalan, dia nanya sesuatu yang gua nggak nyangka dia bakal nanya. Ya, ada lah. Gue kaget juga dia nanya dan ternyata dia se-pay attention itu sama apa yang dia tanya. She was asking about someone, and I had to say that the person is already gone.

Di tempat ngopi, akhirnya ngobrol lah kita sekian jam. Nggak tentang orang ini aja, tapi beberapa orang dari masa lalu gue pun dibawa-bawa. Jujur, gue sebenernya kesel, tapi gue tau, apapun yang dia bahas, itu pasti baik buat gue.

Bunda gue is the best mom in the world. Dia merangkap semuanya, my mother, my sister, my bestfriend, and everything. Bunda adalah seseorang yang open-minded, selalu terbuka sama hal-hal baru even ibunya dulu galak banget dan bapaknya polisi. Bapak kamu polisi? Iya, kok tau? Soalnya kamu telah memenjarakan hatiku di hatimu... Ha. Gue selalu terbuka untuk masalah perasaan ke bunda, apapun itu. Even itu adalah sesuatu yang aneh, rancu atau nggak pantes diomongin, gue akan bilang. Dan dia selalu nerima dan selalu pahamin hal itu. Gue, kalo belom curhat sama bunda sebenernya belom afdol, jadi gue ceritain lah semua yang pernah gue alamin ke bunda.

Bunda, udah pernah ngeliat keadaan gue dari yang memalukan sampe hal yang menyedihkan setiap gue punya pacar. Bunda juga selalu nanya tiap gue bawa orang baru ke rumah. Dia siapa, rumahnya dimana, umurnya berapa, kerja atau kuliah, sampe agamanya pun ditanyain. Bunda orangnya juga nyablak, apalagi kalo udah ketemu sama sahabat-sahabat gue, nggak cowo, nggak cewe. Kalo gue pergi sama sahabat gue, dia nggak bakal nelpon gue lagi dimana, karena gue dan temen-temen gue sudah membangun kepercayaan makanya bunda santai aja. Tapi kalo sama orang baru, bunda memang agak rewel dan gue ngerti itu.

Back to the main story, bunda nanya kenapa orang ini pergi. Gue bilang, mungkin ini salah gue karena gue nggak peka atau nggak ada inisiatif. Dan bunda mulai nyalah-nyalahin gue. Bunda bilang, gue orangnya nggak peka dengan apa yang gue omongin. Mungkin orang terdeket gue paham sama cara bicara gue, tapi nggak semua orang paham dan mungkin ada omongan gue yang menyakitkan. Banyak banget yang bunda omongin, dan hampir 90%-nya, dia bilang itu salah gue. "Jangan salahin dia kalo dia pergi dari kamu. Kamu belom baik buat dia berarti", kira-kira begitu kata bunda.

Sampe akhirnya dia menghidupkan kesalahan-kesalahan gue yang lalu-lalu yang sebenernya nggak perlu dibahas lagi. Tapi gue tetep mempersilahkan bunda ngomong. Gue kesel, tapi bunda bener. Dengan begitu, gue harus introspeksi. Apakah gue melakukan kesalahan yang sama lagi, atau engga. Apakah gue pernah mengalami keadaan ini sebelomnya apa belom pernah. Gue agak gimana gitu sih, ngehidupin kesalahan-kesalahan gue yang lalu-lalu sama aja ngehidupin rasa sakitnya lagi, kan? Tapi yang bunda lakuin itu bener banget. It helped.

Gue inget dulu bunda sama gue pernah nangis bareng. Dulu, gue pernah ditinggal sama orang yang gue bener-bener sayang secara sepihak. Sakit banget rasanya dan gue nangis di kamar bunda sambil bilang orang itu jahat banget. Bunda elus-elus kepala gue, dan untuk pertama kalinya dia bilang, "Iya, dia memang jahat". Bunda juga nangis saat itu, dan berusaha nguatin gue sampe akhirnya gue bisa lepas dan lupa sama orang itu.

Dari obrolan gue sama bunda sekian jam itu, banyak hal yang gue dapet. Gue nggak boleh egois, gue nggak bisa memaksakan hal yang memang kita berdua pun juga nggak akan bisa jalanin. Gue harus paham, orang itu juga punya hidup dia. Dan sebelum gue jadi siapa-siapa, gue nggak punya hak atas hidup dia. Dan bunda sempet marahin gue kenapa gue nggak usaha contact atau reach orang ini, dan gue bilang gue ragu orang ini sayang sama gue karena kayaknya cuma kebawa suasana aja dan gue cuma jadi pelarian. Bunda bales, kenapa gue ga tanya? Gue salah, karena gue emang nggak nanya. Tapi bunda paham kenapa gue diem-diem aja, karena orang itu berubah dan prinsip kita beda. Kalo masalah prinsip, memang bunda keliatan nggak apa-apa atas masalah itu, tapi gue yakin di dalem hatinya dia pasti ada masalah. Mana rela dia? Kalo udah masalah prinsip, emang pasti udah susah. Dan gue pernah jalanin sama orang yang beda prinsip, ujung-ujungnya? Nyakitin banget. Gue juga yakin bunda nggak mau liat anaknya sakit karena perbedaan prinsip itu padahal sisanya fine-fine aja.

Dan hal lain yang gue dapet, orang kalo sayang sama orang, pasti ada usahanya. Kalo nggak ada usahanya, jangan buang-buang waktu untuk diusahain. Semua harus seimbang, harus fair. Jangan menyakiti diri sendiri dengan hal-hal yang cuma sepihak. Jangan mau digampangin. Perhatiin omongan gue dan kata-kata yang harus diomongin sama yang nggak. Yes, mama! I'll do that.


So I guess it's time for me to make coffee and sing with the wind.
I am so proud to have a mother like her.
Love you, bunja!

No comments:

Post a Comment

Says